Minggu, 06 Mei 2012

LIMOUSINE BULLS

                                                          LIMOUSINE BULLS












Sapi Limousine 
adalah salah satu tipe sapi pedaging yang hidup di wilayah beriklim dingin, yang berasal dari bangsa Bos turus. Asal Nama Limosin berasal dari nama daerah tempat pengembangan sapi ini yaitu daerah Marche-Limosin di Perancis, yang dimulai sekitar tahun 1886. Namun sejarah Sapi Limosin dipekirakan sama tuanya  dengan sejarah perkembangan Eropa sendiri. Hal ini tebukti karena ada kemiripan bentuk tubuh  antara sapi Limosin dengan sapi-sapi yang hidup 20.000 ribu tahun yang lalu,  seperti  yang tergambar pada dinding-dinding gua di Lascaux dekat Montignac, Perancis.
Ciri tubuh Sapi limosin adalah  bulu yang berwarna merah sampai coklat tua keemasan, kecuali di sekitar ambing yang berwarna putih serta lutut kebawah dan sekitar mata yang berwarna lebih muda. Bentuk tubuh sapi jenis ini umumnya besar, panjang, padat dan kompak. Keunggulan utama sapi Limousin adalah tingkat pertumbuhan badan yang sangat cepat, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
* Memiliki massa otot yang lebih besar pada bobot yang lebih rendah
* Mempunyai volume rumen yang besar
* Voluntary intake (Kemampuan menambah konsumsi diluar kebutuhan yang sebenarnya) tinggi
* Metabolic rate yang cepat
Selain itu sapi Limosin mudah dipelihara serta cepat berkembang biak seperti halnya  sapi jenis lainnya. Daging sapi Limosin juga memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit (lean).  Di Indonesia sapi limosin disilangkan dengan berbagai jenis sapi lain, seperti misalnya dengan sapi Brahman, sapi P.O. atau  sapi hereford

Tidak ada komentar:

Posting Komentar